Elemen Pelengkap Gorden

Memilih kain bukan satu-satunya masalah dalam memasang gorden. Ada elemen-elemen lain yang perlu diperhatikan juga agar jendela terlihat makin gaya.

Kalau diperhatikan dengan seksama, gorden memang tak berdiri sendiri. Ada tongkat panjang untuk menggantung yang biasa disebut dengan istilah pole , rod, atau tracks . Diameternya berkisar antara 35-38 mm, umumnya dilengkapi dengan cincin dan pengait.

Ada juga curtain lining yang berfungsi sebagai pelapis gorden. Selain mampu menahan panas dan bunyi, bahan ini juga bisa menjaga gorden agar lebih tahan lama.

Lihat bagian atas gorden. Terkadang ada kain yang menggantung di sana. Kain pelengkap gorden ini disebut swag, dan biasanya dilengkapi dengan semacam ekor yang menjuntai. Sebaiknya, swag ini menutupi bagian atas gorden hingga seperlima atau seperenam dari tinggi jendela agar terlihat ideal.

Bukan hanya swag yang bisa menutupi rel gorden, ada lagi yang disebut pelmet . Pelmet ini bersifat dekoratif. Selain menutupi rel, ia juga mampu menyamarkan bagian atas jendela yang tidak wajar, misalnya bentuk melengkung.

Sentuhan terakhir bisa dicapai dengan melengkapi gorden dengan penahan kain. Bentuknya bisa berupa logam pengait yang ditempatkan di sisi jendela atau hanya melengkapinya dengan kain atau tali pengikat.

Banyak juga ya, ternyata pelengkap gorden? Pilih-pilih elemen yang tepat agar jendela Anda terlihat makin gaya.

sumber: ideaonline

Tulisan Terkait Lainnyaclose