Fungsi Gorden Dan Blinds

Sudah lama gorden di kenal dan digunakan dalam rumah, mungkin sama lamanya dengan kehadiran jendela. Awalnya gorden berfungsi sebagai penutup jendela rumah-rumah di pedesaan. pembuatannya sangat sederhana, yaitu kain polos. Pada saat itu sering kali gorden hanya menutupi setengah bagian jendela, yaitu bagian bawah, sementara bagian atas dibiarkan terbuka agar sinar matahari tetap dapat masuk.

Selain gorden, ada juga blinds atau yang dalam bahasa Indonesia lazim disebut kerai. Seperti halnya gorden, kini blinds juga hadir dalam banyak bentuk dan model. Mulai dari model klasik dengan ornamen seperti Austrian blinds, sampai yang simpel seperti roller blinds.

Dalam perkembangannya,gorden dan blinds berfungsi lebih daripada sekadar penutup jendela. Kedua pelengkap interior tersebut juga berperan sebagai pengontrol kualitas cahaya yang masuk ke dalam hunian. Selain itu, ia juga menjaga privasi penghuninya. Kehadirannya yang cukup menyita perhatian membuatnya mengemban fungsi tambahan, yaitu sebagai elemen estetika interior. Dengan kata lain, gorden dan blinds berpengaruh besar pada ambience ruang.