Gorden Cantik Untuk Kamar

Menghias jendela agar lebih menarik salah satunya dengan memasang tirai cantik. Apa saja sih yang perlu kita ketahui tentang tirai? Yuk,  kita intip!

Jenis tirai  berfungsi cukup dominan saat mengonsep desai interior sebuah ruangan. Pemilihan jenis dan material tirai menjadi bagian dalam penataan ruang. Selain segi fungsinya, tirai juga berperan dalam pengaturan intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Penggunaannya pun tidak hanya terbatas kepada jendela, tirai kini mulai diaplikasikan pada pintu bahkan beberapa diantaranya menjadikan tirai sebagai ornamen dinding.

Bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk tirai? Pada dasarnya tidak ada jenis bahan khusus yang harus digunakan karena selama bahan yang digunakan dapat mengakomodasi intensitas cahaya yang masuk maka bahan tersebut dapat digunakan. Namun tetap terdapat aturan-aturan khusus yang harus kita perhatikan saat memilih bahan tirai.

Jika melihat materialnya,  maka tirai terbagi menjadi gorden (curtain) dan vitrase (vitrage). Pembedanya adalah jenis bahan gorden. Jika pada gorden cenderung menggunakan bahan yang tebal, berat dan rapat  seperti batik, beludru, belacu, jins, sutra dan lain sebagainya, maka vitrase cenderung kepada penggunaan bahan yang ringan dan tipis seperti renda (lace), nilon (nylon) dan nilon polyester (nylon ployester) .

Gorden sendiri memiliki beberapa jenis, yang paling umum adalah gorden standar. Boleh jadi karena bentuk dan pemasangannya yang mudah. Kain tirai digantung pada sebatang rel (track) dengan alat bantu berbentuk gelang (ring) atauhook .

Selain itu kita juga mengenal  gorden rel ganda (double rod pocket curtain) yang menggunakan dua batang rel dan kawat spiral pada bagian atas dan bawah sehingga gorden tidak menjuntai. Gorden kancing (tab curtain) serupa dengan gorden standar,  hanya yang membedakannya adalah bagian bawah tirai dibiarkan menjuntai dan pada bagian tengah tirai biasanya diikat dengan tali yang bahannya sama dengan tirai kemudian ditambahkan kancing sebagai pengikatnya.

Gorden kedai (cafe curtain) hanya menutupi bagian bawah bidang jendela. Bagian atasnya dibiarkan terbuka. Disebut cafe curtain karena biasanya digunakan di kedai kopi atau cafe namun kini penggunaannya meluas. Dapat digunakan pula untuk menutupi lubang ventilasi pada ruang.

Vitrase terbuat dari bahan yang lebih tipis dari gorden. Secara spesifik berfungsi untuk menahan sorot sinar matahari dan sering dikombinasi dengan gorden. Vitrase dapat menahan akses visual orang luar ke dalam rumah sehingga privasi pemilik rumah terjaga.

Meski begitu pemilik rumah masih bisa melihat keluar rumah dengan leluasa. Jadi pilih yang mana? gorden atau vitrase ? Sesuaikan pilihan tirai dengan kebutuhan Anda.

sumber: ideaonline

Tulisan Terkait Lainnyaclose