Jenis-Jenis Bahan Untuk Membuat Gorden

Semua jenis kain bisa dijadikan penutup jendela, namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi sebuah bahan untuk menjadi gorden. Bahan tersebut harus bisa menutup dengan baik, dalam arti tidak tembus pandang dan jatuhnya bagus.

a.Satin Halus

Ini merupakan bahan gorden yang sifatnya mengkilat dan jatuh membuatnya cocok dijadikan gorden. Aksen mengilat membuat bahan ini terlihat formal sekaligus elegan dan mahal.

Bahan ini punya jalinan benang yang rapat sehingga sangat efektif untuk menutupi jendela. Anda leluasa memilih yang sesuai dengan selera anda, sebab kain yang satu ini tersedia dalam banyak warna dan motif.

b.Lace

Karena tipis, lace atau renda banyak dipakai sebagai vitrase. Kehadiran renda dapat mempermanis tampilan jendela saat gorden utama dibuka. Motif tenunan renda sangat beragam. Biasanya semakin rumit desainnya, semakin mahal pula harganya.

Sebagai alternative, lace juga dapat dimanfaatkan sebagai aksen yang mempercantik pinggiran gorden. Untuk tujuan ini, gunakan pita renda yang dijual meteran.

c.Beludru, Chenille

Bahan ini mempunyai sifat yang berat dan jaringan benang yang rapat sehingga pada umumnya tidak tembus pandang dan jatuh dengan bagus.

d.Katun, Sutra

Bersifat lebih ringan dibandingkan chenille. Bahan ini cocok digunakan untuk desain yang lembut dan anggun.

Tulisan Terkait Lainnyaclose