Kain Gorden Dibuat Tahan Api dan Minim Perawatan

Gak perlu lagi repot menjemur kain gorden atau upholstery karena basah. Mencuci, karena kotor. Atau takut akan terbakar. Teknologi sekarang memungkinkan kain memiliki ketahanan terhadap air, debu, bahkan api. Keren, kan ?

Jangan heran kalau menemui kain yang memiliki ketahanan terhadap air, debu, bahkan api. Dengan treatment khusus, kain-kain seperti ini sangat minim perawatan. Untuk keperluan dekorasi interior dan eksterior, kain-kain ini jelas sangat praktis.

Project Manager showroom dan distributor interior fabric, Graha Toorak, Lynda B. Lami, mengatakan bahwa beberapa tahun terakhir, tuntutan akan kualitas kain, terutama interior fabric di berbagai negara di dunia, semakin tinggi. Itulah sebabnya banyak produsen terus mengembangkan kreativitas, bukan hanya dari segi desain, tapi juga dalam hal kekuatan material.

“Dengan treatment khusus, interior fabric dapat memiliki ketahanan terhadap air, debu, api, bahkan ketiganya sekaligus,” ujar Lynda.

Kok bisa, ya ? Tambahan berupa lapisan plastik, minyak, atau lilinlah jawabannya. Lapisan-lapisan ini mencegah air cepat meresap ke dalam pori-pori kain, sehingga tidak mudah basah. Begitu pula dengan debu dan kotoran. Keduanya tidak menempel langsung pada kain, sehingga bisa dibersihkan hanya dengan mengelap dengan lap kering, tanpa perlu mencuci.

Sedikit berbeda dengan ketahanan terhadap api (fire reretardant ). Biasanya kain diberi tambahan zat kimia, sebagai lapisan luar kain maupun benang, yang dapat mengurangi daya rambat api pada kain. Untuk keperluan-keperluan khusus, bahkan kain bisa dibuat tidak bisa terbakar sama sekali. “Karena punya ketahanan seperti ini, penggunaan kain tidak lagi hanya untuk di dalam ruangan, di luar ruangan juga bisa, ” kata Lynda.

Menjadi semakin praktis, lanjut Lynda, karena kita tidak perlu khawatir terhadap cara perawatannya. Banyak produsen yang membuat kainnya tetap bisa dicuci seperti biasa, walaupun sudah diberi tambahan lapisan. Jadi, sekarang kita tidak perlu lagi sering mengganti gorden , sarung bantal, kain pelapis sofa, bahkan karpet. Teknologi benar-benar memudahkan kita.

sumber: ideaonline

Tulisan Terkait Lainnyaclose