Renda Kain Mempercantik Gorden Plus Ruangan

Renda tidak hanya untuk busana. Elemen percantikan ini juga bisa diterapkan untuk gorden jendela.

Renda atau lace, dan pita sudah diakui keindahannya sejak berabad silam. Pada masa ratu Victoria, yang dikenal sebagai era kejayaan Inggris (sepanjang abad 19), misalnya, aneka corak renda dan pita banyak digunakan sebagai detail untuk memperindah busana kerajaan. Aplikasi renda itu telah mengilhami para pe­rancang busana, untuk menerapkan hal serupa pada pakaian, yang kemudian dikenal sebagai Victorian Style.

Penggunaan renda dan pita tak terbatas hanya pada busana tapi juga untuk berbagai keperluan pernak pernik interior. Antara lain untuk sprei, taplak meja, dan tirai. Keindahan renda dan pita seakan tak pernah tertelan zaman. Sampai saat ini renda dan pita tetap dikagumi dan digemari. Renda dan pita bahkan merupakan material pendukung utama dari seni kerajinan tangan, termasuk untuk pembuatan tirai.

Pemasangan renda yang tepat, baik itu renda air maupun renda katun lainnya yang kaya akan corak dan warna, sangat mempengaruhi nilai akhir pada se­lem­bar tirai . Apalagi jika renda itu memiliki karakter kuat, seperti bercorak dan bertekstur unik, bergelombang pada tepinya, atau memiliki warna yang khas. Jika diaplikasikan pada tirai berbahan polos, renda akan tampil sangat menonjol.

Pita bukan untuk pengikat rambut atau bungkus kado saja. Warna dan coraknya se­makin kaya. Mulai dari corak klasik, seperti kotak-kotak dan garis, sampai yang ber­corak kontemporer. Warna­nya te­rentang mulai dari yang lembut, keras, sampai emas dan perak yang mewah. Bentuknya pun tak hanya lurus tapi juga ber­gelombang (se­perti pita biku).

Sebagai aksen tirai, renda dan pita, berukuran ke­cil atau besar, bisa ditempatkan di mana saja. Pada bagian bawah, tengah, atau bagian atas tirai. Pemilihan warna renda dan pita dapat di­sesuaikan dengan warna tirai atau kontrasnya.

Jenis renda apa pun pada dasarnya bisa diguna­kan untuk tirai. Namun, sebaiknya, peng­gunaan renda dan pita disesuaikan dengan sifat bahan tirai itu sendiri. Renda katun, misalnya, akan terlihat pas jika dipadankan dengan tirai katun. Sebaliknya, renda sintetis atau renda air lebih cocok digunakan untuk jenis vitrase yang tipis melayang.

sumber: ideaonline

Tulisan Terkait Lainnyaclose