Roller Blind: Indah, Praktis, dan Tak Sekadar Meredukasi Cahaya

Sebagai salah satu elemen window fashions, roller blind tidak sekadar solusi masalah privasi, namun juga sebagai solusi dekorasi dan keindahan serta solusi untuk mereduksi efek negatif cahaya matahari.

Pada awalnya, roller blind lebih banyak dipergunakan pada bangunan komersial, seperti gedung perkantoran, atau area publik lainnya. Kini, dengan semakin tingginya tuntutan pola hidup yang praktis, pemilik rumah mulai menggunakan roller blind pada jendela rumahnya.

Sebenarnya, fungsi roller blind pada jendela rumah sama dengan gorden. Roller blind lebih praktis dalam pengoperasian dan perawatan, serta terlihat lebih ringan dan ‘simple ’. Berbagai warna, corak dan tekstur kain, dari yang transparan, semi transparan hingga blackout (tidak tembus sinar) menjadikan roller blind dapat memenuhi kebutuhan pemilik rumah. Baik kebutuhan privasi, reduksi panas matahari ataupun kebutuhan membangun atmosfir ruangan.

Roller blind selain dipalikasikan secara vertical, juga bisa diaplikasikan horizontal ataupun slopping dengan bentang-bentang yang panjang. Bisa dioperasikan secara manual, dengan motor ataupun dihubungkan dengan sistim ‘building automation ’.

Umumnya, roller blind dilengkapi dengan ‘treatment ’ yang sesuai dengan karakter kainnya. Seperti ‘antistatic ’ agar debu tidak melekat, ‘scothgard ’ agar cairan tidak meresap, ‘fire retardant ’ agar tidak menghantar api dan lainnya. Sehingga roller blind tidak perlu dicuci seperti gorden dan hanya cukup dibersihkan menggunakan vacuum cleaner .

Jenis Roller Blind

hd8
hd3
hd4

Banyak produsen yang memasarkan roller blind. Salah satunya adalah: Hunter Douglas . Produsen ternama ini paling tidak, memproduksi tiga tipe roller blind , yakni tipe sunscreen , blackout , dan translucent .

Tipe sunscreen memiliki fungsi mereduksi panas matahari. namun penghuni tetap dapat melihat area di luar rumah tanpa terganggu. Jika benar-benar dibutuhkan untuk mereduksi atau mencegah cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan, maka tipe blackout lebih cocok. Dengan menggunakan tipe ini, ruangan bisa menjadi gelap pada siang hari, jika tidak ada cahaya lampu yang meneranginya.

Tipe terakhir adalah translucent . Produk ini tidak transparan tetap dapat memasukkan sinar matahari ke dalam ruangan. Umumnya tipe ini banyak variasi cirak maupun teksturnya. Tipe ini lebih cocok digunakan untuk menjaga privasi penghuni ruangan.

Pada interior rumah-rumah modern, roller blind mulai menjadi pengganti gorden. Hal ini selain karena segala kelebihan materialnya, juga karena keragaman desainnya. Dengan demikian, fungsi ruang pun dapat didukung olehnya.

sumber: ideaonline

Tulisan Terkait Lainnyaclose