Sehat dengan Gorden Terawat

Mungkin Anda tidak sadar, gorden yang cantik itu ternyata menumpuk debu dan kotoran. Yuk , kita bersihkan agar tidak menimbulkan penyakit.

Tahukah Anda? Ketika membersihkan rumah, debu-debu yang bertebangan itu akan menempel pada kain gorden. Lebih parah lagi bila ada kipas angin gantung di sana. Setiap hari, debu akan tertiup dan melekat di sana. Kalau dibiarkan, bisa menimbulkan gangguan pernapasan.

Meski sangat rentan terhadap debu, bukan berarti kita harus mencucinya sesering mungkin. Lakukan saja perawatan ringan seminggu sekali. Cukup gunakan penyedot debu, kemoceng, atau lap. Begini trik-triknya.

  • Ketika membersihkan gorden, mulailah dari bagian atas. Bersihkan tiap lipatan dan lekukan dengan teliti. Sebab, di sanalah debu biasa menumpuk.
  • Hati-hati ketika menggunakan lap basah. Pastikan bahwa sebelumnya Anda telah menyedot debu yang menumpuk. Debu yang terkena air akan menimbulkan noda pada kain. Maka, hindari juga penggunaan lap basah ini pada gorden berwarna terang.
  • Bersihkan gorden dalam keadaan menggantung agar lebih mudah. Tapi, tetaplah waspada ketika menyedot debu. Jangan sampai kain tertarik dan lepas dari tongkat penyangganya.
  • Terakhir, pastikan Anda telah membersihkan kedua sisi gorden. Meski tak terlihat, bagian belakang gorden juga berpotensi mengumpulkan debu yang berbahaya bagi kesehatan.

Coba lihat, setelah dibersihkan, gorden terlihat lebih cantik dan segar, bukan? Lengkapi perawatan dengan mencucinya beberapa bulan sekali.

sumber: ideaonline

Tulisan Terkait Lainnyaclose