Tips Cara Memilih Gorden

Tips Memilih gorden atau cara memilih gorden berdasarkan tema

Gorden di dalam sebuah rumah berfungsi sebagai sebuah alat untuk mempercantik ruangan, tidak hanya berfungsi sebagai penghalau sinar matahari yang masuk ataupun sebagai kain yang menutupi aktifitas dari luar, tetapi gorden memberi penting di dalam sebuah rumah yang mampu merubah suasana ruangan.  Oleh karena itu sangatlah penting memilih gorden sesuai  tema ruangan yang akan kita buat.

Ada beberapa tips memilih gorden atau cara memilih gorden, hal yang harus diperhatikan dalam memilih gorden dan sering sekali di abaikan oleh orang adalah tema ruangan. Tema ruangan ini sangat menentukan tema gorden dimana memilih gorden ini bukan saja menyesuaikan tetapi bagaimana cara membuat ruangan lebih hidup dengan gorden yang dipasang.  Gorden dapat menjadi ruh dari ruangan yang dipasang gorden.

Berbagai macam tema gorden yang ada dan harus kita pelajari :

  1.  Tema gorden minimalis
  2.  Tema gorden spanyol
  3.  Tema gorden etnik
  4.  Tema gorden modern
  5.  Tema gorden campuran (minimalis modern, minimalis spanyol, minimalis etnik dst)

Tema gorden minimalis

Tema gorden minimalis ini biasannya digunakan untuk rumah yang memiliki kaca-kaca kecil (kaca yang lebarnya dibawah 70 cm). Sebaiknya menggunakan model gorden smokering dan juga model gorden pita. Akan saya jelaskan apa itu model smokering.

Gorden model smokering adalah gorden yang menggunakan ring untuk menempelkan kain gorden diatasnya sehingga kain gorden dilubangi berbentuk bulat seperti ring oleh karena itu dinamakan smokering. Tetapi di dalam perkembanganya gorden model smokering ini tidak hanya berbentuk bulat pada lubangnya tetapi ada yang berbentuk kotak.

Gorden model pita biasanya menggunakan vitrage atau dalaman gorden, dapat juga menggunakan kain gorden untuk dibikin model pita. Model pita ini lebih bagus menggunakan vitrage karena lebih cantik dan lebih memberi kesan mendalam pada pintu tetapi model pita menggunakan vitrage ini memiliki kekurangan yaitu masih transparan sehingga membutuhkan kain gorden agar tidak terlihat dari luar. Vitrage model pita ini terbagi menjadi dua yaitu :

a.       Vitrage pita model air hujan, vitrage model ini menggunakan vitrage polos dan bermotif air hujan. Sangat cocok untuk rumah minimalis yang tidak ingin terlalu ramai ataupun cocok untuk rumah minimalis yang memiliki desain sederhana dan sedikit lekukan di dalam rumah baik perabot furniture atau lekukan bentuk rumah itu sendiri.

b.      Vitrage pita model bordir, vitrage model ini menggunakan vitrage bordir dengan desain yg berbeda-beda. Apabila rumah ingin tampak mewah dan juga penuh warna maka vitrage bordir ini sangat cocok untuk rumah minimalis yang ememiliki furniture dengan desain unik ataupun minimalis.

c.       Vitrage pita model kerlip

Tulisan Terkait Lainnyaclose